Labtronika adalah blog yang berisi informasi menarik dan membantu belajar persoalan dunia teknologi, mulai dari elektronika, komputer, programming dan desain grafis. teknologi adalah hak setiap orang. dan semua orang berhak mempelajari dan menikmatinya.

Senin, 24 Agustus 2015

Tips dalam membuat suatu karya teknologi


semua orang tau kalau teknologi adalah hal yg sangat berkembang di era ini. banyak sekali orang orang yang mencoba membuat hal baru (melakukan inovasi), atau sekedar mengembangkan hal yang sudah dibuat agar bisa lebih mudah digunakan (developing). kali ini mimin bakaln ngasi tips bagaimana cara membuat suatu karya teknologi, sebenarnya mimin nggak ngajari cara membuat hanya sebagai pemicu atau membantu jika kalian memiliki niat untuk membuat sesuatu. ok langsung saja mimin akan kasi tipsnya .

1.Niat atau latar belakang
ok hal pertama yang harus kamu butuhin saat ingin membuat suatu karya adalah niat, niat yg mimin maksudkan disini bukan keinginan tidak mendasar seperti ingin membuat suatu project teknologi biar terlihat keren atau terlihat pintar atau sekedar ikut ikutan. Niat yang mimin maksud adalah apakah tujuan kalian membuat suatu karya? , jawabanya bisa banyak hal bisa saja tujuan kalian membuat karya ingin membantu permasalahan disekitar kalian atau yang lazimnya disebut ingin membantu banyak orang, atau tujuan dari karya ini adalah untuk komersil atau bisnis, atau bisa juga tujuan karya yang kalian buat tujuanya adalah untuk kompetisi . niat atau tujuan ini sangat penting karena kalian bisa menentukan planning kedepan seperti apa yang kan kalian lakukan. misal tujuan alat kalian untuk menyelesaikan permasalahan disekitar kalian , alat yg kalian buat pastinya harus mudah digunakan orang banyak dan ramah lingkungan. atau tujuan komersil tadi kalian bisa merencanakan alat yg kalian buat harus ekonomis dari segi perakitan dan bahan dasarnya serta memiliki nilai komersil.

2.Temukan Inspirasi dan lakukan perencanaan


jika sudah dapat niat dan tujuan kalian membuat alat. hal berikutnya yang harus kalian lakukan adalah membuat rencana atau planning alat seperti apa yang kalian buat. misal kalian ingin membuat alat penyaring limbah sungai kalian bisa membuatnya berupa jaring yg akan kalian ujicoba supaya bisa membersihkan air sungai tersebut. untuk mendapatkan inspirasi dalam membuat suatu karya kalian bisa baca dari internet lihat beberapa pengalaman orang lain sebelumnya dan banyak bertanya pada orang yg mengerti masalah itu. ketika kalian mendapatkan hal apa yang akan kalian buat kalian tidak harus mengikuti apa yang sudah buat sebelumnya, jika kalian seorang yang kreatif, alat yang kalian buat bisa kalian buat unik dan tidak pernah terfikir oleh orang lain.

3.Realisasikan rencana dan banyak  membaca


ya jika planning sudah dibuat hal berikutnya adalah lakukan planning tadi. pikirkan logika dari alat kalian dan coba buat . apabila kalian menemukan kendala dalam proses pembuatna kalian bisa mencari tau dari beberapa sumber seperti membaca di perpustakaan, mencari di google atau bertanya pada ahlinya. kalau mimin sangat menyukai proses ini dari proses seperti inilah kita bisa belajar banyak hal. mimin kasi gambaran misalkan kalian ingin membuat sarung tangan listrik kalian tidak tau bagaimana cara mengatur tegangan yg akaan keluar, ya otomatis kalian akan mencari dari internet bagaimana cara mengatur tegangan listrik atau rangkaian seperti apa yg bisa mengatur tegangan tersebut. di proses ini ilmu bakal banyak kalian dapatkan.

4.Uji coba


jika karya yang sudah kalian buat tadi selesai , berikutnya kalian harus menguji coiba apakah berfungsi dengan baik atau tidak , jika tidak berfungsi dengan baik atau malah tidak berfungsi, coba cari masalahnya, kadang kesalahan kecil pun bisa membuat suatu alat tidak berfungsi . cobalah untuk menjadi lebih teliti atau cari mungkin ada yg rusak di bagian alat dan jika itu suatu program mungkin ada program yg kalian salah ketik atau lupa buat,teruslah mencari dan jangan menyerah apabila tidak berfungsi sesuai keinginan kalian.

5.Cari kekurangan dan terus kembangkan alat kalian



ok jika alat yag kalian buat sudah bisa berfungsi dengan baik bukan berarti harus berhenti sampai di situ. cobalah untuk menemukan apa saja kekurangan dari alat kalian ketika digunakan dan coba untuk mengembangkanya. mimin kasi contoh kalian semua tau kalau handphone dulunya sangat besar tapi orang orang terus mengembangkanya hingga handphone mudah dibawa seperti sekarang ini. jangan sampai berhenti sampai kalian bener bener puas dengan alat kalian dan cobalah tanyakan pendapat kepada orang lain yg menggunakan alat kalian agar kalian mendapat banyak masukan agar alat yg kalian buat lebih baik lagi.

6.Jangan menyerah dan terus berusaha



saat kalian membuat alat kalian nanti, kalian pasti akan banyak menemukan kendala dan pastinya kepala kalian bakal pusing memikirkanya, untuk itu cobalah untuk tidak mencoba menyerah dan motivasikan diri kalian dengan mengingat tujuan awal kalian membuat karya itu.ingat tidak ada orang yang sempurna yang bisa kita lakukan terus berusaha hingga alat yang kita buat berhasil.

ya sekian tips dari mimin, saran dari mimin teruslah berinovasi untuk membuat suatu karya yang berguna bagi banyak orang. jangan pernah menyerah dan teruslah optimis. kalau niat awal kita baik pasti hasilnya akan baik pula. selamat mencoba and good luck

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dragonball Online Mouse Pointer Blue