Labtronika adalah blog yang berisi informasi menarik dan membantu belajar persoalan dunia teknologi, mulai dari elektronika, komputer, programming dan desain grafis. teknologi adalah hak setiap orang. dan semua orang berhak mempelajari dan menikmatinya.

Kamis, 27 Agustus 2015

Optical Fiber (kabel FO)


kabel FO atau yang disebut kabel serat optik merupakan salah satu jenis media transmisi dalam telekomunikasi. kabel ini biasa digunakan untuk telepon dan internet. untuk lebih jelasnya mimin kasi gambaran kabel FO. Serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED[1]. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.


Perkembangan teknologi serat optik saat ini, telah dapat menghasilkan pelemahan (attenuation) kurang dari 20 decibels (dB)/km. Dengan lebar jalur (bandwidth) yang besar sehingga kemampuan dalam mentransmisikan data menjadi lebih banyak dan cepat dibandingan dengan penggunaan kabel konvensional. Dengan demikian serat optik sangat cocok digunakan terutama dalam aplikasi sistem telekomunikasi[2]. Pada prinsipnya serat optik memantulkan dan membiaskan sejumlah cahaya yang merambat didalamnya. Efisiensi dari serat optik ditentukan oleh kemurnian dari bahan penyusun gelas/kaca. Semakin murni bahan gelas, semakin sedikit cahaya yang diserap oleh serat optik.dari gambaran diatas kita tau kalau kecepatan pengiriman data fiber optik itu secepat kecepatan cahaya. kabel ini adalah salah satu teknologi luar biasa ciptaan manusia. dimana serat optik yang sangat tipis tadi mampu memantulkan cahaya hingga ke tujuan

Bagaimana cara kerja kabel FO?


Fiber optik memiliki cara kerjanya sendiri yang membedakannya dengan kabel tembaga. Kabel fiber optik dibuat dari serat kaca dan dilapisi dengan kaca bukan tanpa sebab karena kabel ini mengubah sinyal listrik menjadi gelombang cahaya dengan fungsi cermin di dalam kabel. Dengan kemampuan untuk mengkonversi sinyal listrik, maka fiber optik memiliki kelebihan untuk mengurangi efek terhadap gangguan gelombang frekuensi elektrik. Maka dari itu fiber optik sangat cocok digunakan untuk ditempatkan di area dengan gelombang elektrik tinggi.

Menggunakan gelombang cahaya yang dilakukan oleh fiber optik juga bisa mengirimkan informasi yang lebih banyak dan menyalurkannya ke jarak yang lebih jauh. dibandingkan dengan kabel yang menggunakan transmisi sinyal listrik. Hal ini dikarenakan cahaya yang memantul pada kabel fiber optik dipantulkan ke dalam jaringan kabel dan menghasilkan total internal reflection di mana cahaya dipantulka ke serat dengan sudut yang rendah. Dengan demikian penggunaan kabel fiber optik akan sangat menguntungkan bagi perusahaan atau instansi Anda, atau bahkan koneksi rumah.

video pembuatan dan cara kerja kabel FO

Apa saja bagian-bagian dari kabel FO?



1.Core 
~ kaca tipis yang merupakan bagian inti dari fiber optic yang dimana pengiriman sinar dilakaukan

2.Cladding
~ materi yang mengelilingi inti yang berfungsi memantulkan sinar kembali ke dalam

3.Buffer Coating 
~ plastik pelapis yang melindungi fiber dari kerusakan


sekian penjelasan dari mimin tentang kabel FO, mimin kasi gambaran sederhana dari kabel FO, jadi sumber data yang berupa sinyal listrik di konversi jadi cahaya dengan light emitting diode kemudian cahaya tadi akan berjalan disepanjang kabel FO dengan cara dipantulkan melalui serat optik dan cahaya tadi akan memantul di sepanjang cladding, terakhir cahaya tadi akan diubah lagi menjadi sinyal listrik dengan perantara photodiode sebagai konverter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dragonball Online Mouse Pointer Blue