Labtronika adalah blog yang berisi informasi menarik dan membantu belajar persoalan dunia teknologi, mulai dari elektronika, komputer, programming dan desain grafis. teknologi adalah hak setiap orang. dan semua orang berhak mempelajari dan menikmatinya.

Rabu, 26 Agustus 2015

Mikroprosessor


kali ini mimin bakal ngebahas sesuatu yang sebenarnya sering digunakan tapi orang banyak tidak tau, namanya adalah mikroprosesor. Apa itu Mikroprosesor?, menurut wikipedia mikroprosesor (sering dituliskan: µP atau uP) adalah sebuah central processing unit (CPU) elektronik komputer yang terbuat dari transistor mini dan sirkuit lainnya di atas sebuah sirkuit terintegrasi semikonduktor. Sebelum berkembangnya mikroprosesor, CPU elektronik terbuat dari sirkuit terintegrasi TTL terpisah; sebelumnya, transistor individual; sebelumnya lagi, dari tabung vakum. Bahkan telah ada desain untuk mesin komputer sederhana atas dasar bagian mekanik seperti gear, shaft, lever, Tinkertoy, dll. Evolusi dari mikroprosesor telah diketahui mengikuti Hukum Moore yang merupakan peningkatan performa dari tahun ke tahun. Teori ini merumuskan bahwa daya penghitungan akan berlipat ganda setiap 18 bulan, sebuah proses yang benar terjadi sejak awal 1970-an; sebuah kejutan bagi orang-orang yang berhubungan. Dari awal sebagai driver dalam kalkulator, perkembangan kekuatan telah menuju ke dominasi mikroprosesor di berbagai jenis komputer; setiap sistem dari mainframe terbesar sampai ke komputer pegang terkecil sekarang menggunakan mikroprosesor sebagai pusatnya.

yup dari gambaran diatas kita tau bahwa mikroprosesor juga merupakan salah satu jenis sirkuit semikonduktor atau yang lazimnya disebut IC. mikroprosessor ini banyak digunakan diberbagai macam produk elektronik seperti komputer atau laptop. ingat mikroprosesor ini hanya berfungsi sebagai mesin prosesing bukan memory dengan kata lain dia hanya memproses kerja suatu alat bukan berfungsi mengingat.ya mungkin kalau mimin jelasin lebih sederhananya apa itu mikroprosesor, kalian kalau ingin memebeli laptop atau computer biasanya sering liat dual core , intel pentium di spek laptopnya itulah dia tadi yang disebut micrprosesornya. mikroprosesor ini sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer atau laptopnya dia merupakan suku cadang paling penting dari komputer semakin tinggi generasinya biasanya semakin cepat kerjanya seperti core i9.



struktur bagian terpenting dari mikroprosessor itu ada 3 :

1.ALU(Aritmatics Logical Units)
pada bagian ini dilakukan perhitungan aritmatika (tambah, kali, kurang dll) operasi logika (AND,OR,NAND,dst) serta pelaksanaan perbandingan.

2.Register (Main Memory)
merupakan tempat penyimpanan sementara data dan alamat yang diproses oleh ALU dan CU.

3.Control Unit (CU)
berfungsi mengambil intruksi dari memori program dan memberi sinyal kendali pada bagian lain mikroprosessor untuk melaksanakan intruksi tersebut.


Berikut fungsi mikroprosessor:
1.Mengambil instruksi dan data dari memori.
2.Memindah data dari dan ke memori.
3.Mengirim sinyal kendali dan melayani sinyal interupsi.
4.Menyediakan pewaktuan untuk siklus kerja sistem mikroprosesor.
5.Mengerjakan fungsi – fungsi operasi logika dan aritmetika

begitulah gambaran dari mikroprosessor, klo anak IT udah nggak asing lagi sama yang satu ini. mikroprosessor ini bebrbeda dengan sahabatnya mikrokontroller perbedaanya terletak pada fungsi yg di perankan klo mikroprosessor adalah suatu piranti yang digunakan sebagai CPU dalam sistem komputer (single chip CPU) sedangkan mikrokontroler adalah IC yang di dalamnya terdapat CPU, RAM, ROM, I/O Port, dll (single chip computer). sekian dulu dari mimin soal mikroprosesor di posting berikutnya mimin bakal ngasi software simulasi mikroprosesor, buat kalian belajar biar lebih ngerti soal mikroprosesor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dragonball Online Mouse Pointer Blue