Labtronika adalah blog yang berisi informasi menarik dan membantu belajar persoalan dunia teknologi, mulai dari elektronika, komputer, programming dan desain grafis. teknologi adalah hak setiap orang. dan semua orang berhak mempelajari dan menikmatinya.

Minggu, 27 Desember 2015

Software Desain Grafis (memulai menjadi desainer grafis pemula)




Desain Grafis bagi sebagian orang adalah hal yang sulit. tapi tahukah kalian kalau kemampuan seseorang dalam melakukan desain baik berupa gambar visual 2d dan 3d, desain baju, desain bangunan, desain robot dan banyak lagi sangat diperlukan orang banyak saat ini. ya, menurut pengalaman mimin sendiri kemampuan desain ini sangat berguna.

Misalnya saat komunitas atau organisasi mimin ingin membuat event maka secara otomatis untuk keperluan publikasi event itu mereka membutuhkan kemampuan desainer yang kalau bisa juga merupakan anggota dari komunitas atau organisasi tersebut. kenapa? karna anggota dari organisasi tersebut akan lebih mudah membuat publikasi berupa poster dan spanduk karna dia memahami konsep acaranya dan bisa berkreasi sepuasnya karna dia juga tau batasan yg tidak boleh dimasukkan kedalam desain yang akan ia buat kelak. Bisa saja kita meminta kepada percetakan untuk melakukan desain nya tapi pasti akan jauh lebih baik kalau desain dibuat langsung oleh anggota organisasi atau komunitas tersebut. dari gambaran diatas agan agan udah bisa liat kalau kemampuan desain sangat diperlukan, dan bagi agan yg sudah memiliki kemampuan desain pasti orang orang pada nyari agan untuk membuat desain hehe jujur deh gan. karna mimin juga diperlakukan seperti itu. walau begitu memiliki kemampuan desain juga jadi kebanggaan tersendiri buat kita karna tidak semua orang bisa melakukan itu.




Tidak hanya terbatas soal publikasi doang kemampuan desain dari segi planning juga diperlukan buat para engineer. contoh arsitektur (udah pasti jago gambar), teknik mesin (yang ini perlu untuk mendesain ukuran, bobot, sistem dan cara kerja mesin yang ingin dibuat), teknik elektro ( wah ini penting sekali bisa berupa perancangan instalasi listrik, desain pcb, desain mekanik robot dll) dan masih banyak lagi. terbukti kan gan skill menggambar atau mendesain bukan lagi sebagai sebuah bakat tapi sudah menjadi kebutuhan, apalagi jaman sudah canggih mendesain tidak lagi  dengan menggunakan penggaris, pensil atau kertas. dan pewarnaanya pun tidak menggunakan cat atau bahan lain. jaman sudah canggih sekarang sudah ada yang namanya digital art yaitu penggambaran dan pewarnaan yang dilakukan dengan software, dan semua orang bisa menggunakanya asal rajin berlatih hehe.

Konsep digital art ini membenarkan sekali teori 99% usaha dan 1% bakat.karna dulu ketika mimin mulai belajar mendesain di bangku smp mimin sama sekali nggak tau gambar, menggambar pakai pensil pasti jelek dan tidak rapi sering dulu mimin dapat nilai 60 untuk seni budaya yang bagian menggambar hhh jadi curhat. tapi karna seringnya mimin ngutak ngatik software desain ya mimin sekarang pada dipercaya buat bikin spanduk, poster, stiker, desain mekanika dan banyak lah, padahal jujur kalau menggambar diatas kertas sekarang pun mimin masih abal abal, tapi komputer memperbaiki nya hingga jadi lah ilusi mata yang indah dilihat. ok tanpa banyak bacot mimin share aj software penting apa aja yang wajib kalian kutak katik kalau mau (berusaha) jadi desainer. oh iya jadi desainer juga bisa ngasilin uang lo gan, tapi saran mimin niat belajarnya jangan uang ya tapi sekedar hobi takutnya malah merasa tertekan belajarnya, ok cekidot:



sebelumnya software desain mimin bagi dalam beberapa kategori, editor photo/ pewarnaan digital(bitmap) , digital drawing & ilustrator (vector), 3D maker.

I. DIGITAL DRAWING & ILLUSTRATOR (VECTOR DESIGN)

1. Corel Draw



nah siapa yang nggak tau software satu ini bagi desainer spanduk digital atau poster digital. software ini wajib ada di komputer mereka. sofware ini easy menurut mimin untuk digunakan kita bisa membuat banyak gambar keren dengan sofware ini kemudahan dalam melakukan shaping dan dalam pewarnaan juga jadi keunggulan sofware ini. secara umum kebanyakan desainer menggunakan seoftware ini.banyak karya keren dihasilkan dari corel draw berikut mimin kasi contoh karya yang dibuat menggunakan corel






















ok kalau ingin kutak katik langsung aj download softwarenya disini

2.Adobe Illustrator



mimin kurang tau soal software ini tapi adobe illustratot tidak kalah powerful dengan corel draw. berikut karya yang dibuat menggunakan adobe illustrator

































langsung saja kalau ingin kutak katik download disini

masih banyak lagi seperti
3.inkscape
4.sketch (mac)
5.affinity (mac)

II. DIGITAL COLOURING (BITMAP DESIGN)

1.Adobe Potoshop



wah software satu ini udah banyak terkenal didunia internet, dengan potoshop semua photo yang tadinya real bisa dibuat jadi ilusi dan dimanipulasi,banyak karya yang bahkan sulit kita bedakan mana photo asli mana editan dengan potoshop tapi itu semua berpulang ke skill masing masing dalam menggunakan software ini. software ini adalah software desain pertama yang mimin kutak katik. dibawah ini ada banyak karya karya editan dari potoshop.




gimana keren kan?, kalau ingin membuat begituan sering sering latihan. yang ngebet pingin ngutak ngatik silahkan download disini.

2.Corel Photopaint


software satu ini pun nggak kalah hebat dengan potoshop. dibawah bisa dilihat contoh contoh karya yang dibuat menggunakan software ini.






silahkan bagi yang ingin ngutak ngatik download disini.

dan masih banyak lagi seperti
3.Krita
4.Gimp

III. 3D art

1. Auto Cad

software yang satu ini nggak usah mimin review lagi udah terkenal. kebanyakan yang gunain software ini anak sipil sama anak arsitektur karna memang di spesialkan untuk membuat desain bangunan 2d dan 3d lengkap sama ukuranya. tidak hanya untuk bangunan software ini ampuh untuk buat desain 2d juga seperti denah lokasi, desain jalur instalasi dan tiang listrik, jalur jalur perpipaan dan banyak lagi. berikut hasil karya menggunakan software ini


silahkan download softwarenya disini.


2.3DS MAX

nah ini biasa digunakan untuk visualisasi 3d bisajuga sekalian bikin animasi gerakanya. software ini bisa digunakan buat desain tokoh game, tokoh animasi 3d, latar 3d dan banyak lagi. berikut hasil hasil karya software ini.



langsung bagi yang pingin ngutak ngatik download disini.

3.Blender 3D


software satu ini tidak kalah dengan 3dsmax. software ini juga biasa digunakan buat pemula yang pingin belajar 3d art, hasil karya dari software ini juga bisa digunanin buat animasi, game dan simulasi 3d. berikut karya karya yg dibuat menggunakan blender.


 langsung saja yang mau ngutak ngatik download disini.

dan masih banyak lagi seperti
4.3DVIA shape (recommend buat pemula)
5.SOFTIMAGE|XSI Mod Tool (recommend buat game developer)



nah bukan cuma itu masih banyak lagi software software keren deasin grafis diluar sana. kalau ingin liat tutorial software diatas bisa cari di youtube, google atau ke website ini. ok sekian dari mimin saran mimin rajin rajin berusaha dan jangan pernah puas dengan apa yang sudah kita buat dan mimin harap makin banyak orang orang yang ahli dibidang desain grafis kedepanya :)




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dragonball Online Mouse Pointer Blue