Labtronika adalah blog yang berisi informasi menarik dan membantu belajar persoalan dunia teknologi, mulai dari elektronika, komputer, programming dan desain grafis. teknologi adalah hak setiap orang. dan semua orang berhak mempelajari dan menikmatinya.

Selasa, 25 Agustus 2015

Teknologi Hologram Computer


sesuai dari judul dari postingan kali ini mimin bakalan ngasi penjelasan tentang salah satu teknologi yang mungkin bakalan muncul di masa depan. namanya hologram computer, bagi kalian yang sudah sering nonton film film bertemakan fiksi seperti Ironman atau fantastic 4 pasti tidak asing lagi dengan yang seperti ini, yup layar komputer akan diproyeksikan ke dalam bentuk 3d atau yang lazimnya di sebut holographic. dalam teknologi ini kalian bisa menyentuh dan mengatur komputer seperti layaknya sebuah personal computer hanya saja kalian bisa menyentuh hologramnya. sangat canggih dan hal ini mungkin saja akan terjadi di masa depan nanti. ingat ada beberapa hal yang menjadi nyata walau hanya berawal dari film.

menurut mimin jika teknologi ini tercipta bisa terjadi revolusi besar besaran di bidang teknologi komputer, bayangkan kalian tidak memerlukan keyboard ataupun mouse lagi semua satui paket didalam satu komputer dan pastinya layarnya bisa kalian sentuh juga. kenggulan dari teknologi ini adalah layar 3d kalian bisa melihat bagian belakang suatu objek 3d yang ditampilkan komputer dengan mudah tanpa mengutak ngatik mouse lagi.




komputer seperti ini adalah komputer impian banyak pakar komputer. kenapa? karena fungsi komputer sebagai alat yang mampu berinteraksi dengan manusia akan bekerja secara maksimal. kita contohkan jarvisnya tony stark dalam film ironman. dia mampu berinteraksi secara penuh dengan komputernya meliputi berbicara dengan komputer, input secara keyboard, dan bahkan komputernya mampu berbicara dengan penggunanya.

Kemungkinan Teknologi ini muncul dan Logika penciptaanya





kalau menurut mimin teknologi ini sangat mungkin untuk dibuat, kenapa? jawabanya ada pada gelombang elektromagnetik. bagi anak elektro pasti tau kalau gelombang elektromagnetik saat ini banyak digunakan untuk persinyalan telekomunikasi modern dimana masing masing gelombang dibedakan melalui spektrumnya hal ini lah yang menyebabkan tiap operator tidak pernah tubrukan atau salah mengisi jaringan. gelombang ini juga dimanfaatkan untuk televisi dan radio atau yang lazimnya disebut gelombang radio dan banyak kegunaan lain dari gelombang ini.


ok, mimin kali ini nggak bakal ngebahas soal telekomunikasi. seperti yang kalian tau gelombang elektromagnetik ini adalah medium penghantar sinyal listrik dan seperti yang kalian tau pula kalau listrik juga memiliki gelombang.ok kita kembali ke pembahasan komputer hologram, ingat jawaban sulit sekalipun bisa kita temukan di alam sekitar ,seperti isaac newton yang menemukan gaya gravitasi karena apel jatuh. kita lihat disekitar kita kenapa matahari bisa membuat warna langit jadi biru karna spektrum warna biru tidak bisa diuraikan atmosfir. gejala alam seperti ini juga yang mungkin melatarabelakangi terciptanya proyektor.

teknologi proyektor adalah dasar yang kuat atau bisa jadi awal mula dari komputer hologram kelak. karna kira bisa menembakkan warna dari laptop / komputer tadi ke objek lain seperti dinding atau papan. hal lain juga yang membuat teknologi ini jadi mungkin adalah teknologi touchscreen pada beberapa komputer ,tablet maupun smartphone. yang logikanya ini bisa terjadi karna sentuhan jari kita mengganggu aliran listrik yang mengalir di sepanjang layar tadi hingga bisa terindentifikasi oleh smartphone atau komputer tadi. bagaimana sangat mungkin kan kalau komputer hologram terciptanya.

   

permasalahan berikutnya adalah bagaimana memancarkan warna tapi tidak ada objek yang menjadi pantulanya. yang mimin maksud memancarkan cahaya secara langsung diruang bebas hingga membentuk layar tanpa bantuan dinding sebagai pemantul jadi langsung terpantul oleh gelombang tadi seperti cara kerja atmosfer yang membuat warna biru. jika ini sudah terselesaikan masalah berikutnya bagaimana cara membuat aliran listrik dalam frekuensi rendah bisa mengalir diruang bebas dan menyelimuti cahaya hologram yang dipancarkan tadi supaya prinsip seperti touchscreen tadi juga bisa terjadi , jika kesua masalah itu terselaesaikan tinggal menunggu waktu hingga teknologi itu benar-benar tercipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dragonball Online Mouse Pointer Blue