Labtronika adalah blog yang berisi informasi menarik dan membantu belajar persoalan dunia teknologi, mulai dari elektronika, komputer, programming dan desain grafis. teknologi adalah hak setiap orang. dan semua orang berhak mempelajari dan menikmatinya.

Jumat, 28 Agustus 2015

Review Jurusan Elektronika


kali ini mimin bakal ngepost soal jurusan elektronika, mungkin kebanyakan orang hanya tau kalau denger kata elektronika pasti berhubungan dengan hp, tv atau robot. sebenarnya elektronika itu lebih luas dari itu, elektronika merupakan salah satu cabang dari jurusan elektro. Jurusan elektronika atau yang disebut juga dengan jurusan elektro (arus lemah) ini kurang terkenal di indonesia atau bisa dibilang peminatnya sedikit di negara ini. padahal di negara maju seperti jepang dan amerika jurusan ini adalah salah satu jurusan penting dan mata kuliah elektronika rata rata selalu ada di setiap jurusan teknik diluar negri. dan elektronika merupakan salah satu bidang dengan berpenghasilan tinggi diluar negri karna seperti yang kalian tau ada dua hal yang banyak menghasilkan uang di dunia kalau tidak pertambangan dan perminyakan ya teknologi dan inti dari alat teknologi yang di komersilkan pasti erat kaitanya dengan elektronika.


mimin bakal kasi review tentang jurusan ini mulai dari pengertian jurusan elektronika, cabang jurusan elektronika, perguruan tinggi di indonesia yang memiliki jurusan elektronika, penghasilan rata rata profesi di jurusan elektronika hingga profesi apa saja yang berhubungan dengan jurusan elektronika.

Apa itu Jurusan Elektronika?



Jurusan elektronika atau yang lazimnya disebut teknik elektronika merupakan salah satu bidang keteknikan yang terfokus pada komponen elektronik, pembuatan dan perancangan sirkuit elektronika, perawatan alat elektronika dan pembuatan komponen semikonduktor (IC). singkatnya segala hal yang memiliki keterkaitan dengan elektronika di dunia ini, orang orang yang berkelut di jurusan ini adalah ahlinya. elektronika di jurusan ini bukan hanya sekedar alat alat elektronik saja ada juga sensor, gerak motorik, hingga sistem elektronik cerdas juga bagian dari jurusan ini. jurusan ini adalah salah satu dari 10 jurusan paling berpotensi di masa depan karna perkembangan teknologi mutakhir saat ini adalah hasil inovasi dari elektronika yang sangat mudah untuk terus berkembang.


kalau kalian suka dengan jurusan yang pelajaranya luas,suka dengan tantangan dan memiliki pemikiran maju kedepan, serta suka dengan yang berbau programming jurusan ini sangat cocok buat kalian, kenapa mimin bilang jurusan ini menantang selain karna sangat luas , jurusan ini pun bereperan besar dengan jurusan lain seperti teknik mesin dan teknik elektro. jurusan ini pun juga punya kesulitan yang lumayan lah karana pasti kita akan berkutat dengan kimia, fisika dan logika tapi nggak ada hal yang sulit selagi kita punya niat yang kuat dan pastinya menyukainya. oh iya bagi kalian penggemar robotika atau pingin buat robot karna sering liat di tv masuki di jurusan ini adalah perantara baling bagus untuk kalian belajar dunia robotik.

Cabang-cabang Jurusan Elektronika



seperti jurusan lainnya elektronika juga punya cabang atau spesialisasi yang lebih spesifik lagi, teknik komputer juga merupakan salah satu cabang dari jurusan ini.

1.Elektronika Audio Video
Elektronika Audio Video kebanyakan hanya terdapat pada jurusan smk jurusan ini lebih terfokus pada pembuatan dan perawatan barang barang elektronik seperti Televisi, hp, speaker, dvd dll. kalau cabang elektronika yang satu ini kebanyakan di Indonesia ada di SMK (sekolah menengah kejuruan)

2.Elektronika Industri
Cabang elektronika satu ini ada di Indonesia ada di smk juga. jurusan ini fokus terhadap perawatan dan pembuatan sistem elektronika di dunia Industri. kalian kan tau kalau di dunia industri banyak memakai sistem otomatis untuk efisiensi kerja. jurusan inilah salah satu yang berperan penting. rata rata orang di jurusan ini bisa sebagai operator maupun teknisi.

3.Elektronika Instrumentasi & sistem kendali
Jurusan ini kebanyakan terdapat di program diploma atau sarjana terapan. intinya jurusan ini terfokus pada sistem pengukuran elektronik, teknik kendali menggunakan PLC, mikrokontroller dan kendali otomatis, pengendalian sensor dan gerak. seperti namanya jurusan ini tak luput dari pemrograman karna banyak menggunakan sistem kendali yang kita program. klo mimin bisa bilang jurusan ini seminya jurusan komputer juga.

4.Elektronika Telekomunikasi
kenapa jurusan ini tergolong elektronika? karna sinyal atau telekomunikais juga merupakan bagian dari listrik dan rangkaian elektronika lah yang menjadi transmitter (pemancar) juga sebagai receiver (penerima) dari sinyal jurusan ini juga banyak terdapat pada program diploma dan magister karna dia adalah bagian jurusan elektro yang lebih spesifik lagi.

5.Teknik Komputer
Teknik komputer juga merupakan salah satu cabang dari elektronika karna komputer merapakan sirkuit elektronika juga dan seperti yang kalian tau motherboard adalah sirkuit elektronika, mikroprosessor juga bagian dari salah satu komponen elektronik,. Hanya saja teknik komputer punya bagian yang bernama software yang lebih luas lagi kalau dari segi hardware komputer berhubungan dengan elektronika dan dari segi software berhubungan dengan algoritma.

6.Elektronika Medis
jurusan yang satu ini terfokus pada pembuatan dan perawatan alat elektronik untuk kepentingan medis. jadi di djurusan ini kalian nggak cuma belajar elektronika tetapi juga hal hal yang berkaitan dengan medis dan kesehatan. kalian pasti tau alat denyut jantung, incubator dan banyak lagi adalah alat alat elektronika yang berperan penting untuk memudahkan dokter termasuk juga kalau kalian pernah dengar tangan bionik dan jantung buatan, alat alat tersebut juga dibuat untuk kepentingan medis.

Penghasilan rata-rata orang orang di bidang Elektronika


kalau di indonesia rata rata penghasilan di bidang ini jika fresh graduate dari perguruan tunggi baik level diploma atau sarjana adalah antara 3~10 jt/bulan. penghasilan di jurusan ini cukup lumayan dan setara dengan jurusan teknik lainnya selain itu orang orang di jurursan ini juga bisa merangkap jadi IT engineer maupun Telecommunication Engineer. jadi setelah lulus penghasilanya bisa variatif apalagi kalau terjun kedunia bisnis elektronika cupuk lumayan menjanjikan juga.


dari data statistic diatas bisa dilihat kalau di luar negri jurusan elektronika yang paling menjanjikan adalah dibidang IC dan semikonduktor salahnya diindonesia belum ada jurusan elektronika yang spesifik kesana . kenapa IC dan semikonduktor begitu banyak memberi penghasilan memang mereka tidak terlihat tapi selalu digunakan setiap pabrik pembuatan barang elektronik baik Televisi, handphone, kulkas, mesin cuci, radio semua bekerja dengan komponen dan IC adalah salah satu komponen terpenting dan roda penjualan nya didunia terus berjalan. sah sah saja kan kenapa bisa menghasilkan penghasilan yang begitu besar.

Perguruan tinggi negri yang di indonesia yang ada jurusan ini



di indonesia jurusan ini sebenarnya banyak tesebar di seluruh indonesia salah satunya ada di politeknik negri tiap daerah , juga ada di jurusan teknik elektro karna jurusan ini juga bagian dari teknik elektro ,cuma ada juga di beberapa ptn yg kurang kalian tau mimin akan share:

1.Teknik Fisika Instrumentasi
kebanyakan terdapat pada program diploma di PTN. Fisika instrumentasi juga bagian dari elektronika tapi akarnya, karna kita tau salah satu cabang fisika adalah elektro dan salah satu cabang elektro adalah elektronika.

2.Elektro Biomedis
program S1 nya kalau PTN ada di Universitas Airlangga

3.Elektronika Instrumentasi (elins)
Program S1 nya ada di Universitas Gadjah Mada

4.Teknik Fisika (bidang minat instrumentasi dan sistem kendali)
kalau teknik fisika ada 3 PTN di Indonesia yang ada jurusan ini ada di Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Surabaya (ITS)

masih banyak juga swasta di indonesia yang ada jurusan elektronika dan tidak kalah bagus jika kalian benar benar tertarik di jurusan ini. kan kalau udah minat kita tidak memandang mau swasta atau negri yang penting bisa belajar tentang jurusan ini.

Profesi dan prospek kerja jurusan elektronika



ada banyak profesi yang bisa di masuki bagi lulusan elektronika karna seperti yang mimin bilang tadi orang yang masuk kejurusan ini bisa ke bidang lain juga selagi tidak lari dari hal yang ia kuasai. beberapa profesi yang cocok di bidang ini : Consultant Engineering, IT engineer, Telecommunication Engineer, Operation staff, Facility Engineer, Flight Engineer, Airport Engineer, Marine Engineer, scientist, Instrumentation Engineer dan masih banyak lagi


sekian review dari mimin soal jurusan ini. mimin juga anak elektronika dan jujur selama mimin belajar di jurusan ini ada tantang tersensiri dan sangat menari karna bisa berinovasi dan memicu kreatifitas mimin untuk mebuat alat elektronik yang useful dan hemat dari segi biaya. saran mimin sih kalau masuk di jurusan ini cobalah untuk melatih kemampuan leading dan teamwork juga kemampuan berbahsa inggris karna jurusan ini kedepannya akan banyak memerlukan 3 hal tersebut. karna kalian suatu saat pasti bekerja dengan orang di bidang lain dan menyatukan pendapat dengan kalian. mimin berharap post ini bisa membantu buat kalian yang baru lulus SMA atau sederajat untuk melanjutkan pendidikan kejenjang berikutnya.dan saran mimin kalau memilih jurusan pilihlah yang memicu rasa ingin tahu kalain dan menurut kalian menarik karana rasa ingin tahu nggak akan pernah bikin kalian bosan dan bisa menjadi motivasi kalian berjuang selama belajar di jurusan itu selain karna prospek masa depan tentunya.












1 komentar:

Dragonball Online Mouse Pointer Blue